Saturday, May 8, 2010

Menampilkan File yang di Hidden Virus

Sekedar sharing cerita tentang pengalaman merasa kehilangan dokumen-dokumen (file) yang tersimpan dalam media penyimpanan, misalnya flash disk. Barangkali tiba-tiba saja files dalam flash disk yang ditancapkan pada port USB berubah menjadi file shorcurt dengan ukuran kurang lebih 2 kb, dengan ekstensi *.scr. Tak perlu bingung. Kemungkinan flash disk kita terkena virus shortcut. File asli tidak hilang, melainkan hanya disembunyikan oleh virus, sementara yang nampak adalah file shortcut dengan nama file seperti file-file kita. Bagaimana menampilkan file yang di hidden oleh virus?

  1. Pertama yang dilakukan adalah menghapus seluruh file shortcut dengan ekstensi *.scr tersebut. Pilih file-file shortcut tersebut dan hapus secara permanen dengan tombol Shift + Delete.
  2. Kemudian menggunakan command prompt masuklah ke dalam media tempat file yang di sembunyikan virus. Cara membuka command prompt dapat dilakukan dari menu Start > Run > kemudian ketik cmd – Enter
  3. Dalam jendela command prompt, ketikkan drive tempat media yang terkena virus. Contoh drive E dengan mengetikkan E: dan tekan Enter.
  4. Masih dalam jendela command prompt, ketikkan perintah : attrib –s –h *.* /s /d dan tekan tombol Enter.
  5. Proses akan berjalan sesuai dengan besar/kecilnya media yang digunakan.
  6. Setelah proses selesai, maka bukalah windows explorer untuk melihat data di media itu kembali
  7. Selesai.

Langkah tersebut dapat digunakan untuk melihat/menampilkan data-data yang disembunyikan virus di media lain seperti drive hardisk, flashdisk, hardisk eksternal, kartu memori, dan media eksternal lain.

Catatan :
Langkah tersebut hanya dapat digunakan jika media yang terinfeksi dapat dikenali (terdeteksi) oleh komputer dari command prompt. Jika media tidak dapat dikenali oleh computer maka gunakan software seperti partition magic untuk melihat isinya.

1 comments:

tipsnya bagus boz........
gw dah coba....
thanks

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More